25 Maret 2011

”Melawan” Pelajaran Mengarang


Budi Maryono
http://ikibukuku.blogspot.com

Topik: Anak/Pendidikan
Media: Warta Jateng
Judul: Saat Siswa SD Berinteraksi dengan ”Landa”
Hari/Tanggal: Rabu, 23 Maret 2011
Posisi: Hlm 3, kolom 1-4, tengah, non-headline

BERITA ini menunjukkan kepedulian wartawan/media pada anak dan pendidikan. Penggunaan feature, bukan straight news, juga merupakan pilihan yang tepat karena memiliki keluasan ruang untuk berbagai pernik (kejadian) menarik. Bahannya pun sangat potensial untuk menjadi laporan nan menawan: lima mahasiswa asing ”KKN” di SD Patemon 01, Gunungpati, Semarang.

Sayang-disayang, meski berjudul ”Saat Siswa SD Berinteraksi dengan ’Landa’”, yang tersuguhkan tak lebih dari berita biasa. Tanpa warna. Hanya paparan informasi standar berikut kutipan keterangan Amelia Christanti, relawan Dejavato Foundation, tentang program ”pembauran” dan keterangan Kepala SD Patemon 01, Sri Hartati, perihal tamu yang juga membantu perbaikan atap sekolah itu.

Tidak ada tingkah dan celetukan (lucu) para siswa saat berinteraksi dengan landa. Tidak ada komentar satu dua anak tentang tamu dari jauh yang (bakal) tinggal selama dua minggu bersama mereka. Bahkan, ini pun aneh, wartawan tak mengutip pula komentar lima mahasiswa dari negeri seberang itu soal program yang sedang mereka jalani.

Anak-anak tersebut dengan ”layak” hanya di dua alinea teratas. Alinea pertama: Selama seminggu belakangan, para siswa SD Patemon 01, Gunungpati, Semarang, seperti memperoleh semangat baru untuk berangkat ke sekolah. Aline kedua: Ada apakah gerangan? Tak lain, kehadiran lima mahasiswa asing dari berbagai negara, membuat para siswa sekolah ”kampung” itu bisa merasakan pengalaman bertemu dan bergaul dengan ”wong landa”.

Nah, bagaimana rasanya? Kita, pembaca, tidak akan pernah tahu karena tidak ada ”suara anak-anak” dalam berita ini. Bahkan di foto pun mereka tampak tidak sedang berinteraksi. Walhasil, judul yang amat menggoda itu justru ”melawan” pelajaran mengarang di sekolah dasar: judul mesti melambangkan isi. Maka jadilah judul begitu, isi begini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya :)